Di Balik Dinding Tebal Vatikan

Saya punya beberapa DVD dan CD Video yang bagus. Beberapa saya beli di Roma, beberapa dari Indonesia (di toko buku dan juga lewat internet) dan ada juga yang dikasih teman-teman. Yang dari Roma kebanyakan bikinan Vatican Television Center, stasiun televisi resmi Vatikan. Habis nonton video-video ini mungkin lebih banyak lagi yang mengerti kenapa kita patut bangga menjadi orang katolik dan kenapa kita perlu melestarikan kekayaan tradisi gereja kita.

Memang, mengkopi video-video ini sama dengan membajak. Saya enggak sreg membajak barang bikinan gereja. Meski begitu, rasanya tidak terlalu salah kalau memutarnya dengan tidak memungut biaya untuk kalangan terbatas, misalnya untuk pertemuan kelompok di paroki dan lain sebagainya. Nah, kalau waktunya cocok dan lokasinya masih di sekitar Surabaya atau Jakarta, saya bersedia diundang untuk memutar video-video ini, sekaligus menjelaskan berbagai detail tradisi katolik yang ada di dalamnya. Hampir semua video-video ini berbahasa Inggris dan hanya beberapa yang ada teks bahasa Indonesianya. Pemirsa dengan bahasa Inggris pas-pasan pun akan tetap bisa menikmati dengan menyimak penjelasan saya.

Berikut adalah tiga yang paling saya suka:

Tu Es Petrus (60 menit):
Tu es Petrus, et super hanc petram aedificabo Ecclesiam meam (Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku, Mat 16:18). Video ini menyajikan rekaman peristiwa-peristiwa dramatis di tahun 2005: memburuknya kesehatan Paus Yohanes Paulus II, hari-hari terakhirnya, wafat dan pemakamannya, persiapan konklaf, sampai dengan terpilihnya paus baru Benedictus XVI. Sangat menarik dan menyentuh.

Concilium Vaticanum II (60 menit):
Video ini menyajikan cuplikan peristiwa-peristiwa seputar persiapan dan pelaksanaan Konsili Vatikan II yang diprakarsai oleh Paus Yohanes XXIII. Di sini nampak sekali keagungan gereja katolik kita dengan berbagai tradisinya yang telah berabad-abad umurnya. Sangat menarik dan agung.

Inside the Vatican (50 menit):
Video ini membuka mata kita tentang isi Vatikan yang tidak akan pernah dilihat oleh orang awam pada umumnya. Ada wawancara dan juga cerita tentang orang-orang yang bekerja di dalamnya, mulai dari Paus dan para Kardinal sampai ke pengawal dari Swiss, tukang foto dan tukang kebun paus, serta para ahli yang merawat berbagai koleksi Museum Vatikan yang tak ternilai harganya. Saya punya dua versi, bikinan National Geographic dan Discovery Channel; keduanya dilengkapi teks bahasa Indonesia. Sangat menarik dan cocok untuk semua orang dari semua golongan umur.

Selain itu, ada juga beberapa yang lain, seperti: Discovering the Vatican (4 DVD), Misa Pemakaman Paus Yohanes Paulus II dan Misa Penobatan Paus Benediktus XVI. Tiga judul DVD terakhir ini sangat detail, mungkin hanya cocok untuk penikmat seni atau pecinta liturgi dan tradisi gereja katolik.

4 comments:

Anonymous said...

Selamat Gini hari Pa. Albert (Maafkan saya kalau anda Klerus).
Mau tanya kalau kita beli DVD nya, ongkos kirim siapa yang bayar?
Maksih Pak.

Albert Wibisono said...

selamat siang pak (maafkan saya juga kalau anda klerus atau ibu, bukan bapak), saya awam biasa bukan klerus kok.

maaf, saya agak kurang jelas, anda mau beli dvd-nya? yang mana dan rencananya beli di mana? saya sendiri enggak jualan dvd-nya, kalau itu yang anda maksudkan. yang inside the vatican (baik punya national geographic ataupun punya discovery channel) keduanya saya beli di indonesia. saya nggak ingat beli di mana, tapi rasanya di disc tara ada. harganya (dulu) masing-masing 29,000 (tertulis di kotaknya). keduanya vcd. semoga ini membantu.

salam,
albert

aggiornamento69 said...

Salam kenal pak albert, saya aggiornamento dari paroki Salib Suci, saya berminat dg dvd2 pak albert, bagaimana saya dapat meminjam/membeli dvd2 tsb?

Terimakasih.

Albert Wibisono said...

salam kenal juga bapak/ibu aggiornamento. mohon berkenan menghubungi saya lewat e-mail di albert.wibisono[at]gmail[dot]com, agar dapat lebih enak dalam berkomunikasi.

salam,
albert