Surabaya Punya Koor Gregorian Anak-Anak

Selasa, 1 November 2011 yang lalu, Keuskupan Surabaya kedatangan tamu agung.  Nuntius Apostolik atau Duta Besar Takhta Suci untuk Indonesia, Yang Mulia Uskup Agung Antonio Guido Filipazzi datang ke Surabaya untuk memberkati Seminari Tinggi Providentia Dei. Sebelum memberkati bangunan baru seminari, Nuntius menyempatkan mampir ke Katedral untuk acara yang mungkin luput dari perhatian umat. Acara itu adalah Pemberkatan Para Penyanyi Anak-Anak Laki-Laki atau Pueri Cantores dari Paduan Suara Gregorian Schola Cantorum Surabaiensis (SCS).

SCS yang tadinya hanya beranggotakan para penyanyi dewasa, sekarang punya tambahan anggota baru 33 anak laki-laki dari SDK Katarina dan SDK St. Maria. Ini semua berkat dukungan Kepala SDK Katarina, Sr. Rosalia Mengko JMJ, dan Kepala SDK St. Maria, Sr. Lidvina OSU, yang mengirimkan anak-anak SD Kelas 4-6, yang ingin belajar menyanyi Gregorian.

Pemberkatan Pueri Cantores SCS ini berlangsung dalam upacara singkat nan khidmat.  Nuntius didampingi oleh Uskup Surabaya YM Vincentius Sutikno Wisaksono dan juga Uskup Sanggau YM Giulio Mencuccini CP. Romo Eko Budi Susilo, Kepala Paroki Katedral, bersama Romo Haryo, Romo Ikwan dan juga Romo Eko Wiyono menyambut Nuntius di pintu utama Katedral dan menyertai beliau dalam upacara ini.

Lagu Gregorian Veni Creator Spiritus (Datanglah Ya Roh Pencipta - PS 565/566) yang dinyanyikan anggota dewasa SCS mengiringi prosesi masuk Nuntius, para uskup, imam dan misdinar. Setelah salam pembuka dan juga pengantar singkat dari YM Uskup Sutikno, Nuntius memanjatkan doa pemberkatan dan memerciki anak-anak dengan air suci, sambil mereka menyanyikan lagu Ubi Caritas (Jika Ada Cinta Kasih - PS 498/499). Upacara ditutup dengan berkat, foto bersama dan baciamano (tradisi mencium cincin uskup, sebagai ungkapan hormat) oleh para anggota SCS, dewasa dan anak-anak.

Pemrakarsa SCS dan Pueri Cantores - SCS, Albert Wibisono, menjelaskan, “Anak-anak ini berlatih seminggu sekali, tiap hari Senin, pukul 14:00-16:00, di Katedral.” Ia juga menambahkan, bahwa SCS masih terus menerima anggota baru, dewasa maupun anak-anak, dengan atau tanpa pengetahuan tentang lagu Gregorian. Untuk keterangan lebih lanjut tentang SCS, umat dapat menghubungi Bapak Stefanus Tri Budi di 0811-307-303.  Para orang tua yang berminat mengikutsertakan anak laki-lakinya di Pueri Cantores - SCS dapat menghubungi Bapak Heribertus Windarto di 0821-4373-1799.

Catatan: Artikel ini dimuat di Tabloid Rohani Jubileum yang diterbitkan oleh Keuskupan Surabaya, Edisi 141 - Tahun XII - Desember 2011.

8 comments:

Koordinator said...

Selamat untuk Pueri Cantores... Selamat juga buat Bapak Albert. Semoga abadi pengabdian dan pujian-pujian yang kau lambungkan menguduskan Gereja yang kau layani. Tuhan memberkati dan menyayangimu. Shalom...

shevyn said...

Proficiat untuk pak Albert dan kawan-kawan untuk dedikasinya menyebarluaskan tradisi Gregorian.

Sekali lagi, proficiat dan salute ya pak

Albert Wibisono said...

Terima kasih Pak Thomas dan Pak Shevyn. Semoga Bogor bisa punya juga nantinya ya Pak Thomas. Dan, semoga Pak Shevyn di Surabaya juga bisa bergabung ke SCS.

Salam,
albert

Mater Dei Choir said...

selamat buat koor gregorian junior.... keren oi.... tugasnya setiap hari apa neh?

Albert Wibisono said...

Terima kasih. Yang rutin di Katedral HKY, tiap minggu keempat, Misa Minggu malam 18:30, bareng sama anggota dewasa.

Salam,
albert

Doan Widhiandono said...

Mr Albert, boleh dimuat di metropolis JP kan yang soal Pueri Cantores ScS ini?
salam
Doan Widhiandono

Anonymous said...

Salut untuk almamaterku 42 tahun y.l, saya lulus dari SD. Mojopahit atau St. Katarina I. Qui bene cantat bis orat - jonky christiananda

Alwyn said...

Selamat yaaaa semuaa... Semoga turut membangun iman umat dengan pujian khas Gereja Latin =)